Senin, 15 Juni 2009

Budi Sudarsono


Seorang striker yang handal, tukang bikin gol yang piawai. Budi Sudarsono secara konsisten mampu menjaga performanya sebagai salah satu gelandang serang sekaligus forward terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Sudah delapan tahun pria asal Kediri ini menjadi penghuni laskar 'Merah Putih'. Debutnya terjadi di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 di tahun 2001. Dalam turnamen internasional terakhir yang diikuti, Budi menjadi top skorer Piala AFF 2008 dengan empat gol, bersama Agu Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda (Thailand).

Pemain yang punya julukan 'Ular Piton' ini juga dikenang sebagai pemain Indonesia yang mencetak gol di dua Piala Asia berturut-turut. Yang pertama ia buat di Piala Asia 2004 di China, saat menang 2-1 atas Qatar, yang mana itu adalah kemenangan pertama Indonesia di turnamen tersebut.

Di Piala Asia 2007 di Jakarta, Budi juga menorehkan satu gol dalam kemenangan Indonesia di Grup D, atas Bahrain dengan skor 2-1.

Di level klub, Budi adalah pemain termasuk penyerang yang ditakuti bek-bek lawan. Klub-klub yang pernah ia bela antara lain Persebaya Surabaya, Deltras Sidoarjo, Persija Jakarta, dan Persik Kediri. Sejak akhir Januri 2009 ia bermain untuk Sriwijaya FC dengan status pinjaman dari Persik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar