Selasa, 16 Juni 2009

Charis Yulianto


Tubuhnya tegap dan besar, sangat ideal untuk ukuran pemain bertahan di Indoneisa. Dengan tinggi badan 183 cm, Charis Yulianto tak pelak merupakan salah satu centre back terbaik Indonesia saat ini, atau bahkan salah satu yang terbaik yang pernah dilahirkan Bumi Pertiwi.

Pria asal Blitar, Jawa Timur, ini sempat mengasah bakatnya di Persebaya Junior, dan masuk proyek PSSI Baretti di tahun 1994, sebelum memulai karir profesionalnya di Arema Malang di tahun 1997. Empat tahun kemudian ia pindah ke tanah Borneo, membela PSM Makassar.

Di klub itulah Charis memperoleh pertama kali memperoleh kesempatan mengenakan seragam tim nasional di tahun 2004, ketika Indonesia mengikuti babak kualifikasi awal Piala Dunia 2006. Sejak itu, kemampuan Charis semakin terasah.

Dua tim besar Persija Jakarta dan Persib Bandung sempat merasakan servisnya sebelum Sriwijaya FC menggaetnya di tahun 2007. Di musim pertamanya di klub ibukota Sumatera Selatan itu ia membantu "Laskar Wong Kito" meraih gelar ganda: juara liga dan Copa Indonesia.

Di ajang Piala AFF 2008 Charis ditunjuk sebagai kapten pertama timnas Indonesia, menggeser Ponaryo Astaman, dan hingga kini masih mengemban fungsi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar